Karburator Sepeda Motor - Main Jet Tuning


Pelajari tentang potongan logam kecil ini yang memungkinkan mesin sepeda motor Anda terbuka lebar

"Aku di jet utama!" Pernahkah Anda mendengar ungkapan tersebut saat melakukan bench racing dengan teman-teman berkuda Anda? Apa artinya itu? Nah, setelah episode MC Garage ini, Anda akan tahu. Hari ini kita berbicara tentang jet utama.

Selama beberapa minggu terakhir kami telah melalui karburator sepotong demi sepotongJika Anda belum menonton video pertama dalam seri ini, lihat kembali, dan lihat. Kami akan memiliki tautan dalam deskripsi di bawah ini. Kami telah membahas tata letak dasar karbohidrat, mangkuk pelampung, dan pilot jetBagian berikutnya dalam persamaan sepeda motor karburator yang berjalan dengan baik adalah jet utama.

Main jet bertanggung jawab untuk memasok bahan bakar yang bercampur dengan udara saat melewati saluran intake setelah pilot jet selesai melakukan tugasnya. Mulai sekitar 20 persen throttle, bahan bakar mengalir melalui main jet. (Ada bagian lain yang mengukur bahan bakar hingga 80 persen throttle, tetapi kami akan membahasnya minggu depan.) Saat Anda terbuka lebar, Anda berada di jet utama.

Main jet terletak di bagian bawah karburator di dalam mangkuk pelampung. Ini lebih besar dari dua jet, dan dipasang di jet jarum bagian itu akan kita bahas minggu depan. Jika orang ini terhubung, Anda berada dalam ritual pembersihan karbohidrat penuh. Semuanya biasanya akan tersumbat jika main jet dicolokkan. Lihat video Ari tentang cara membersihkan karbohidrat.

Jadi kami akan menganggap Anda memiliki karburator yang bersih sehingga kami dapat mengetahui apakah jet utama Anda terlalu kaya atau kurus. Pertama, mulailah dengan rekomendasi pabrikan di manual servis. Seperti yang sudah kita bahas di video minggu lalu, akan ada rekomendasi sesuai suhu dan ketinggian. Di sinilah Anda ingin memulai.

Kondisi "lean" berarti rasio udara terhadap bahan bakar terlalu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan masalah mulai dari tidak menghasilkan tenaga penuh pada throttle dan rpm terbuka lebar hingga detonasi dan ping yang dapat merusak mesin Anda seiring waktu. Lean jetting adalah ciuman kematian untuk dua pukulan dengan kemungkinan kehancuran cepat dan kejang. Kerusakan bisa memakan waktu lebih lama dalam empat-stroke.

Cukup mudah untuk mendengar ping pada dua langkah. Pikirkan tanda centang logam yang terdengar seperti bantalan bola berderak dalam kaleng karena muatan bahan bakar meledak sebelum seharusnya, menabrak bagian atas piston terlalu dini sebelum mencapai titik mati atas (TDC). Suara yang sama dapat terdengar dari empat langkah, tetapi suara tersebut tertutupi oleh suara rangkaian katup. Jika Anda mendengar ini, Anda perlu melakukan rejet sebelum Anda melakukan kerusakan serius.

Juga, kondisi ramping akan memiliki respons throttle yang tajam, tetapi ujung atas akan terasa lemah dan sepeda akan berjalan lebih panas dari yang seharusnya. Sering kali saya mendengar pembalap dua tak mengatakan bahwa itu berjalan sangat tajam dan tajam dan kemudian berhenti. Kasus klasik kejang karena terlalu kurus. Untuk memperbaiki posisi bersandar, naikkan ukuran jet dan jalankan sepeda lagi; ulangi sampai Anda menemukan ukuran yang tepat. Angka-angka ini tidak boleh bertambah atau berkurang dengan penambahan satu; biasanya jam lima atau sepuluh.

"Kaya" berarti ada lebih dari jumlah bahan bakar yang optimal dalam pengisian udara. Hal ini menyebabkan tersandung dan berjalan secara keseluruhan buruk. Itu tidak menyebabkan kematian dini seperti kondisi kurus, jadi jika Anda harus, berbuat salah di sisi menjadi kaya. Saat sepeda bergerak melalui midrange dan ke ujung atas, tenaga akan tersandung dan meleset. Ini adalah kondisi yang lebih mudah untuk dirasakan dan didengar bagi kebanyakan orang. Jelas itu berjalan buruk. Cukup jatuhkan ukuran jet dan uji ulang.

Pada two-stroke, Anda juga dapat melakukan plug chop untuk memeriksa pengaliran yang benar, tetapi ini akan menjadi video terpisah di masa mendatang. Untuk saat ini, itu saja untuk memeriksa jet utama. Ini adalah salah satu jet sederhana untuk dihubungi, tetapi jika tidak benar, itu dapat menyebabkan masalah dengan topik minggu depan jarum dan jarum suntik.

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi https://www.infosekilas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Layar Restoran Terkenal: Strategi Pemilihan Celemek yang Mencerminkan Kualitas

Mengeksplor Dunia Post-Apokaliptik dalam Gods Eater Burst

Tips Menyewa Perusahaan Penyewaan Truk