9 Cara Ampuh Memasarkan Produk di Tahun 2022 (Yang Sebenarnya Berhasil)


Menjual produk Anda secara online
 bisa jadi sulit. Anda mungkin memiliki produk terbaik di dunia tetapi itu tidak berarti apa-apa jika tidak ada yang tahu itu ada!

Selain itu, ada begitu banyak saluran untuk memasarkan produk Anda sehingga mudah kewalahan.

Jangan khawatir, kami punya Anda. Dalam panduan ini, kita akan fokus pada teknik pemasaran yang disederhanakan yang berhasil, tetapi tidak akan menghabiskan banyak uang.

Cara Memasarkan Produk: 9 Strategi Untuk Dicoba

 

1. Memulai program loyalitas

 

Anda mungkin berpikir bahwa kartu loyalitas biasa (seperti kartu kedai kopi) tidak akan berfungsi untuk toko onlineSebenarnya, itu sepenuhnya tergantung pada bagaimana Anda mendesain program Anda. Program loyalitas datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka dapat memenuhi berbagai macam produk dan pelanggan ideal.

 

Loyalitas berbasis poin mungkin yang paling mudah dilacak dan paling populer bagi penjual online.

 

Blume adalah contoh yang bagus untuk ini. Ini adalah merek perawatan kulit dan pribadi untuk wanita Gen Z. Sebagai bagian dari komunitas Blumetopia, Anda dapat memperoleh poin dengan berbagai cara.

Cukup mengikuti merek di media sosial mereka akan mengumpulkan poin. Anda juga bisa mendapatkan poin dengan membeli produk dan merujuk teman. Poinnya mudah untuk ditukar dengan produk atau merchandise gratis.

 

Apa yang bisa membuat hadiah poin bagus untuk pelanggan Anda?

2. Persempit fokus Anda menjadi hanya 2 platform media sosial

 

Tentu, Coca-Cola mungkin memiliki sarana untuk menjalankan akun media sosial di setiap platform yang ada, tetapi kebanyakan dari kita memiliki anggaran pemasaran yang terbatas.

Itu berarti kita perlu sedikit lebih bertarget dengan sumber daya kita.

Pasti ada tekanan untuk berada di mana-mana, tetapi hal yang lebih cerdas adalah fokus pada pembuatan konten asli untuk dua platform utama dan hanya mengubahnya untuk yang lain.

 

Jika Anda terjebak pada platform mana yang harus difokuskan, berikut adalah singkatannya:

 1. Facebook

Sangat bagus untuk membangun komunitas dan memasarkan ke berbagai usia.

2. Instagram

Bagus untuk produk visual dan belanja online langsung.

3. Pinterest

Bagus untuk produk visual dan blog aktif.

4. YouTube

Bagus untuk memasarkan produk khusus dan membangun komunitas.

5. Twitter

Bagus untuk mengikuti tren dan menciptakan dialog.

6. TikTok

Bagus untuk pemasaran ke audiens yang lebih muda.

 

Apapun saluran media sosial yang Anda pilih, pastikan visual Anda kuat dan mencolok.

 

Pastikan Anda memaku fotografi produk Anda dengan menyewa seorang profesional, atau memeriksa panduan kami untuk mengambil foto produk Anda sendiri yang luar biasa.

 

Setiap foto dan video harus menunjukkan produk baru Anda dengan cara yang menarik minat audiens Anda.

  

3. Jangkau influencer

 

Apakah audiens Anda menyukai media sosial? Pemasaran influencer masih merupakan pilihan yang sangat kuat untuk strategi penjualan Anda.

 

Anda bahkan tidak memerlukan audiens muda agar ini berhasil. Meskipun kami mengaitkan pemasaran influencer dengan bintang TikTok dan YouTube remaja, itu bukan satu-satunya pilihan Anda. Menghadiahkan selimut bayi bersulam premium Anda ke blogger ibu besar dapat menghasilkan peningkatan penjualan yang besar.

 

Tidak harus menjadi mega influencer agar ini berhasil. Faktanya, dalam beberapa kasus, mikro-influencer dengan sedikit pengikut tetapi sangat terlibat lebih berharga.

 

Dekati pembuat konten yang luar biasa di niche Anda untuk memberikan ulasan jujur ​​tentang produk Anda. Ini dapat menghasilkan penjualan online besar jika mereka terus meneriaki merek Anda!


4. Rayakan liburan dan acara sepanjang tahun


Hari Natal. Paskah. Hari Ibu. Syukur. Apakah produk Anda cocok untuk liburan tertentu sepanjang tahun?

 

Jo Malone adalah contoh yang bagus. Lilin dan aroma mewahnya adalah hadiah Natal yang luar biasa. Jadi kampanye Natal Jo Malone selalu menonjolkan kemasan cantik dan nuansa mewah. Perusahaan menekankan bagaimana produk siap pakai untuk diberikan kepada seseorang yang spesial dalam hidup Anda.

 

Pandora adalah contoh lain. Sebagai perusahaan perhiasan, perusahaan ini paling fokus pada hari Valentine.

 

Produk Anda mungkin tidak berfungsi untuk pemberian hadiah, tetapi dapat diselaraskan dengan acara besar di tahun itu. Perusahaan raket tenis bisa memanfaatkan turnamen Wimbledon, misalnya.

 

Berpikirlah di luar kebiasaan dan Anda pasti akan menemukan liburan dan acara yang dapat Anda ikuti untuk kampanye pemasaran yang luar biasa.

  

5. Pamerkan ulasan pelanggan Anda yang bersinar

 

Bukti sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk Anda. Pelanggan nyata dengan pengalaman kehidupan nyata dapat melakukan semua pembicaraan untuk Anda.

 

Namun pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan testimoni yang berkualitas?


Tentu saja, produk hebat secara alami akan mengumpulkan kumpulan rekomendasi yang bersinar. Tetapi pelanggan terkadang membutuhkan sedikit pengingat. Tidak ada salahnya mengirim email kepada pelanggan sebelumnya untuk meminta mereka secara langsung memberikan ulasan singkat di situs web atau halaman Google Anda.

 

Anda bahkan dapat memberi penghargaan kepada pengulas dengan kode diskon untuk pesanan berikutnya!

 

Setelah Anda memiliki ulasan pelanggan asli untuk ditampilkan, gunakan secara strategis untuk menarik perhatian. Sangat bagus untuk menambahkan ulasan ke situs web dan platform media sosial Anda secara berkala.

 

Foto pelanggan Anda menggunakan atau memakai produk Anda turun dengan sangat baik. Ini menambah keaslian dan kepercayaan pada merek Anda.

 

Pada catatan itu, pastikan Anda memilih platform eCommerce yang memungkinkan ulasan pelanggan di bawah deskripsi produk Anda. Tempat terbaik bagi pelanggan untuk melihat ulasan Anda adalah tepat sebelum mereka mengklik “tambahkan ke troli”.

 

6. Bereksperimenlah dengan pemasaran berdasarkan pengalaman

 

Pemasaran berdasarkan pengalaman kemungkinan merupakan investasi terbesar dalam daftar ini. Tetapi ada cara untuk menurunkan biaya sambil tetap menarik basis pelanggan Anda. Idenya adalah untuk memberikan pengalaman atau acara bagi pelanggan Anda. Biasanya, ini adalah cara interaktif untuk memperkenalkan pelanggan baru ke produk Anda.

 

Sebagai bisnis online, internet adalah penolong terbesar Anda. Acara dan lokakarya virtual adalah cara yang bagus untuk menjangkau basis pelanggan Anda.

Restoran Boston dan penjual pangsit online, Mei Mei, mengadakan kelas memasak online. Mereka fokus pada makanan pokok Cina seperti mie dan pangsit. Ini tidak hanya memasarkan resep pangsit unik mereka, tetapi juga menjadi aliran pendapatan tambahan.

 

Bagaimana Anda bisa melibatkan pelanggan Anda dengan produk Anda? Mungkin beberapa Instagram Lives tempat Anda mendemonstrasikan produk dan menjawab pertanyaan yang membara? Mungkin lokakarya gratis tentang bagaimana melakukan sesuatu yang biasa yang melibatkan produk Anda?

 

Acara virtual seperti ini adalah cara ideal untuk membawa pengalaman pemasaran ke strategi penjualan online Anda dengan sedikit keributan. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet, webcam, dan waktu untuk mengumpulkan pelanggan Anda untuk ambil bagian dalam acara langsung Anda.

 

7. Pertajam keterampilan pemasaran email Anda

 

Berlawanan dengan kepercayaan populer, pemasaran email masih sangat efektif jika Anda melakukannya dengan benar. Apa yang kebanyakan perusahaan salah adalah formatnya. Mereka menggunakan email seperti selebaran yang akan Anda kirimkan melalui surat siput. Istilah penjualan mencolok diisi dengan gambar produk terbaru Anda. Itu mungkin berhasil pada sejumlah orang tertentu, tetapi audiens Anda menginginkan nilai!

 

Email adalah ruang lain untuk terhubung. Anda dapat memberikan wawasan berharga yang dipersonalisasi melalui email. Ini adalah tempat yang ideal untuk memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana produk Anda dibuat. Anda dapat memberikan wawasan industri dan kata-kata penyemangat kepada audiens Anda.

 

Jika Anda menjadikan buletin Anda sebagai cahaya yang bersinar, kecil kemungkinannya untuk berakhir di folder spam.

  

8. Tulis posting tamu untuk blog di bidang Anda

 

Menyediakan konten untuk situs web lain adalah cara yang bagus untuk menempatkan diri Anda dalam sorotan. Kunci posting tamu yang baik? Berikan panduan praktis murni kepada audiens yang Anda tuju.

 

Pertama, Anda perlu memilih publikasi yang tepat yang akan menarik bagi pelanggan potensial Anda.

 

Kemudian, saat menulis posting tamu itu sendiri, berhati-hatilah dalam mendorong produk Anda terlalu keras (bertujuan untuk dua sebutan maks). Pelanggan tahu kapan mereka dijual. Jika Anda menyebutkan produk Anda terlalu banyak, pada dasarnya Anda membuat iklan. Blog atau majalah kemudian dapat meminta uang sponsor dari Anda mari hindari itu!

 

Katakanlah Anda menjual produk pembersih alami. Anda dapat menulis posting tamu di situs web perawatan rumah tentang bahan pembersih alternatif untuk bahan kimia berbahaya biasa. Mengapa mereka berbahaya? Apa manfaat dari jenis produk Anda? Anda adalah ahli dalam hal ini sehingga Anda adalah yang terbaik untuk mendidik orang lain.

 

Singkatnya bertujuan untuk memberikan nilai, bukan mendorong produk Anda. Karena Anda memberikan informasi yang sangat baik dan berkualitas tinggi kepada audiens publikasi, Anda secara alami akan menarik pelanggan yang tertarik.

  

9. Luncurkan hadiah yang menggiurkan

 

Akhirnya, siapa yang tidak suka barang gratis? Hadiah adalah pokok pemasaran. Sebagai pemilik bisnis, kami selalu menemukan cara untuk memberikan sampel dan gratis kepada pelanggan untuk menyebarkan berita. Itu hanya ditingkatkan dengan media sosial.

 

Seni giveaway Instagram jauh lebih rumit dari yang Anda kira. Ini adalah alat yang fantastis untuk kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Mekanismenya sederhana.

 

Pertama, putuskan apa yang ingin Anda capai dengan giveaway Anda. Apakah itu pertunangan? Lebih banyak pengikut? Kesadaran luas? Membangun komunitas? Niat Anda akan menentukan format apa yang Anda ambil untuk hadiah Anda.

 

Selanjutnya, putuskan apakah Anda akan melakukan giveaway solo atau bekerja sama dengan merek serupa lainnya di bidang Anda. Ini dapat membantu menyebarkan kesadaran merek Anda jika Anda membuat kesepakatan bundel.

 Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi DariBerita agar mendapatkan informasi lebih lengkap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Layar Restoran Terkenal: Strategi Pemilihan Celemek yang Mencerminkan Kualitas

Mengeksplor Dunia Post-Apokaliptik dalam Gods Eater Burst

Tips Menyewa Perusahaan Penyewaan Truk